Rahasia New Ertiga Lebih Irit dari Model Lama

Chat Via wa

Rahasia New Ertiga Lebih Irit dari Model Lama | PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak lama lagi akan meluncurkan New Ertiga di Tanah Air. Sebelumnya, pabrikan asal Jepang ini sempat merilis New Ertiga di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Namun, itu hanya ajang perkenalan.

New Ertiga memiliki mesin yang sama dengan Ertiga lawas. Namun, menariknya, meski menggendong mesin yang sama, New Ertiga diklaim lebih irit dari pendahulunya.

Suzuki pun tak blak-blakan menyampaikan rahasia resep Ertiga terbaru lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Ulasan detail diberikan para ‘penggawa’ PT ‎SIS, saat menggelar media test driveNew Ertiga selama dua hari dengan rute Jakarta-Cirebon. Pihak Suzuki mengklaim mesin andalan Ertiga K14B dipermak sedemikan rupa, sehingga mampu lebih irit.

“Kita sebut ini dengan New Ertiga, bukan facelift, atau Ertiga minor change (sedikit perubahan). Ada 30 perubahan, dengan 10 perubahan utama,” kata Donny Syahputra, Head of Product Development PT SIS.

Lebih detail mengenai pengembangan mesin Ertiga ini disampaikan Ricky Patrayudha, selaku Service Assistant of Department Head PT SIS.

“Pada mesin, kami lakukan delapan improvement. Improvement pertama ada di bagian kepala silinder. Cover kepala silinder diganti dari alumunium menj‎adi resin. Begitu juga dengan desain squish yang berubah,” kata Ricky.

Lebih lanjut, Ricky menjelaskan, perubahan juga dilakukan pada diameter klep yang dibuat lebih kecil. Sedangkan durasi exhaust cam shaft diatur terbuka lebih lama. Lalu desain piston diubah jadi dome.

Pengembangan lainnya dilakukan pada cooling system dengan menambah spacer water jacket untuk membuat liquid cooling ‎lebih cepat mengalir. Bagian injector pengkabutan dibuat lebih banyak.

Dan yang terakhir, yakni remaping bagian ECM.‎ Khusus untuk New Ertiga manual, rasio gigi akhir diubah dari 0,8 menjadi 0,7 untuk membuat napas tarikan sedikit lebih panjang.

Meski diakui perombakan pada bagian mesin ini memengaruhi tenaga yang dihasilkan turun dari 95 horse power menjadi 93 horse power, namun puncak torsi berhasil dicapai lebih awal.

“Perubahan-perubahan ini yang membuat New Ertiga semakin irit dengan nilai efisiensi mencapai delapan persen,” kata Ricky. (asp)

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | Otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu

Artikel Terkait

New Ertiga Mesin Diesel Hybrid New Ertiga Mesin Diesel Hybrid | Indonesia negara pertama yang meluncurkan New Ertiga, pada Agustus 2015 lalu. Tapi, India lebih beruntung, karena pad...
New Ertiga Selamatkan Suzuki di Tengah Lesunya Ekonomi New Ertiga Selamatkan Suzuki di Tengah Lesunya Ekonomi | Dampak melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika sangat dirasakan oleh industri, termasu...
Inilah 10 Perubahan Utama Suzuki New Ertiga Inilah 10 Perubahan Utama Suzuki New Ertiga | New Ertiga telah diperkenalkan di Tanah Air pada ‎pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GI...
Inilah Daftar Harga Mobil Suzuki Bulan Oktober 2015 Inilah Daftar Harga Mobil Suzuki Bulan Oktober 2015 | Ini daftar lengkap harga mobil Suzuki di Jakarta untuk bulan Oktober 2015. Kehadiran New Ert...
Test Drive Suzuki New Ertiga di Tanjakan Ekstrem Gunung Law... Test Drive Suzuki New  Ertiga di Tanjakan Ekstrem Gunung Lawu | PT Solo Indonesia Utama, diler mobil Suzuki di Solo, Jawa Tengah, menantang para jurna...
Posted in News and tagged , .