Peraturan Juga Tatacara Membawa Barang di Atap Mobil

Chat Via wa

Peraturan Juga Tatacara Membawa Barang di Atap Mobil | Tidak sedikit mobil pemudik yang atapnya dikorbankan untuk menaruh barang bawaan. Alasannya ruang di bagasi sudah tidak cukup menampung barang atau untuk memberi ruang lebih di kabin agar nyaman. Hal ini sangat berisiko terhadap keselamatan karena keseimbangan mobil akan terganggu.

“Kita ambil contoh Toyota Avanza. Kalau Avanza itu kan dirancang untuk tujuh orang plus barang kira-kira beratnya mencapai 100 kilogram. Itu sudah ditetapkan pada saat mobil dirancang. Kalau misalkan penumpangnya lima orang, barang bisa lebih banyak,” ujar General Manager Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Dedi Hendriadi.

Namun, lanjut dia, jika di dalam kabin ada tujuh orang ditambah barang bawaan di atas hal ini tentu berpengaruh pada bobot kendaraan. Selain itu atap tidak dirancang untuk menaruh barang.

‎Bahkan rail roof standar pabrikan tidak serta merta bisa menampung berapa pun bobot barang yang dibawa. Berat barang bawaan harus disesuaikan dengan daya tahan atap atau rail roof serta tentunya kondisi mobil.

“Kecuali ada rail roof, tapi bukan berarti rail roof itu kuat. Sebenarnya rail roof itu kuat di pinggirnya bukan di tengah,” terang Dedi.

Kalaupun terpaksa meletakkan barang di atas pada mobil multy purpose vehicle (MPV) seperti Avanza, ia menyarankan jangan terlalu tinggi karena melawan angin yang bisa memengaruhi laju kendaraan.

Kemudian barang jangan diletakkan terlalu ke belakang. Beban mobil akan lebih berat di belakang sehingga pada saat jalan setir akan terasa ringan. Mobil pun terasa seperti melayang.

“Efeknya mobil jadi tidak stabil,” tutup dia. (ton) 

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | Otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Posted in Tips Trik and tagged , , , .