Mengenal Kerja Aki Ertiga Diesel Hybrid

Mengenal Kerja Aki Ertiga Diesel Hybrid | Suzuki Ertiga diesel hybrid yang beberapa hari lalu resmi dirilis ke pasaran tentunya menawarkan teknologi yang tergolong menarik di kelasnya. Dengan sokongan hybrid pasif, mobil CBU India ini tentu punya perbedaan spek elektrikal yang mencolok dibanding Ertiga bensin. Salah satunya adalah bukan menggunakan baterai khusus, tapi memanfaatkan aki berdaya lebih besar dibanding normalnya. Seperti yang kru OtoDriver laporkan saat peluncuran Ertiga diesel hybrid (7/2) lalu, teknologi Integrated Starter Generator (ISG) pada mobil ini punya dua fungsi sekaligus.

Pertama, sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi baterai saat kendaraan dalam fase deselerasi (perlambatan). Yang kedua, sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat berakselerasi. Maka dari itu, MPV peminum solar ini dikawal aki dengan daya 12 Volt, 70 Ampere Hour (12V 17Ah). Lebih besar dibanding Ertiga bensin yang hanya 12V 30Ah. Bedanya Ertiga dengan mobil hybrid seperti Toyota Prius adalah ia tak pakai baterai terpisah jenis Lithium yang harganya mahal.

Kerja aki Ertiga diesel hybrid jadi semakin krusial karena ia harus mampu memberi daya AC, sistem hiburan dan lampu-lampu karena adanya fitur Idle Start/Stop System. Jika fitur ini diaktifkan maka akan mematikan mesin ketika mobil berhenti sebentar, contohnya saat sedang di lampu merah. Dengan demikian, MPV berpenggerak roda depan (FWD) ini harusnya mampu mengukir konsumsi BBM yang lebih efisien dibanding kompetitornya. Walau secara otomatis bobotnya jadi lebih berat. Ia tercatat punya berat kosong 1.260 kg, sementara Ertiga bensin bertransmisi manual tipe terendah hanya 1.155 kg.

Ertiga diesel hybrid seharga Rp 219,5 jutaan ini menggunakan mesin berkode D13A dengan kapasitas 1.300 cc. Suzuki menyebut unit tersebut sanggup mengelontorkan tenaga hingga 89 dk/4.000 rpm dan torsi 200 Nm/1.750 rpm. Suzuki mengklaim kalau kehematan BBM mobil ini mencapai 22,6 km/l dari hasil pengujian BPPT. Realistiskah hasil itu dengan pengujian di jalan sesungguhnya? Saat ini kami sedang dalam proses pengetesan mobil tersebut. Setelah selesai akan segera kami unggah video reviewnya. Jadi nantikan review lengkap Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di channel Youtube “Oto Driver”.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami Langsung di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Atau Klik Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Customer Service | otosentrum.com
Alia April
Bayu Aji Ramadhan

Posted in Ertiga, News and tagged , , , .