Kredit karimun wagon r ags Bandung

Hasil Tes Lengkap Suzuki Karimun Wagon R AGS

Chat Via wa

Hasil Tes Lengkap Suzuki Karimun Wagon R AGS  | Transmisi Automated Manual Transmition (AMT) atau PT Suzuki Indomobil Sales melabelinya dengan nama Auto Gear Shift (AGS), memang bukan sebuah teknologi baru di dunia otomotif khususnya di Indonesia. Mobil yang sudah lebih dahulu menerapkan teknologi AMT diantaranya Proton Savvy, smart ForTwo, dan Fiat 500. Transmisi jenis ini diklaim mampu menghadirkan gabungan sensasi antara mengemudi mudah dan ringkas ala transmisi otomatis dengan kontrol transmisi presisi dan konsumsi bahan bakar yang baik ala transmisi manual.

Pada hakikatnya, Karimun Wagon R AGS adalah sebuah mobil dengan transmisi manual. Namun fungsi pedal kopling digantikan oleh aktuator hidrolis. Sedangkan proses penggantian giginya mengandalkan perintah dari Transmition Control Module (TCM).

Kredit Karimun Wagon R AGS Bandung

Transmisi Karimun Wagon R AGS

Pada pengetesan kali ini, kami tidak berbicara me­ngenai desain, dimen­si, dan fitur karena mobil ini menggunakan basis mobil yang serupa dengan Karimun Wagon R GS. Fokus kali ini hanya pada impresi dan performa dari transmisi AMT milik Karimun Wagon R. Perhatikan tuas transmisi tipe gate type yang digunakan pada Wagon R AGS ini. Tidak terdapat posisi Park (P), yang pada transmisi otomatis konvensional diposisikan ketika mobil parkir dengan posisi mesin mati. Sebagai gantinya posisikan tuas transmisi di Neutral (N) dan tarik rem parkir.

Terdapat fitur keamanan ketika Anda hendak menghidupkan mobil ini. Pastikan tuas transmisi berada di posisi N lalu injak pedal rem jika ingin menghidupkannya. Jika tidak maka akan muncul notifikasi pada instrument cluster yang diiringi bunyi beep. Mesin juga tidak akan hidup jika tuas transmisi berada di posisi selain N meskipun Anda menginjak pedal rem.

Pada sesi pertama, kami mencoba mode otomatis pada transmisi AMT milik Karimun Wagon AGS. Injak pedal rem, geser tuas transmisi ke bawah di posisi D lalu lepas pedal rem. Pada kontur jalan yang rata, mobil ini dapat melaju perlahan dengan lancar layaknya mobil transmisi otomatis konvensional. Na­mun jika kontur jalannya menanjak, mobil akan mun­dur sejenak ketika Anda melepas pedal gas. Hal itu terjadi karena aktuator hidrolis membutuhkan wak­tu antara menekan dan melepas stut kopling. Ketika berjalan dengan kecepatan rendah, proses perpindahan gigi 1 sampai 5 terjadi di rentang 1.900 – 2.500 rpm. Namun jika Anda menekan pedal gas lebih dalam gigi berpindah di rpm lebih tinggi.

Kredit Karimun Wagon R AGS Bandung

Uji Irit Karimun Wagon R AGS

Ketika transmisi sedang melakukan proses pindah gigi, Anda akan merasakan sensasi hentakan yang serupa jika Anda melakukan proses “injak setengah kopling” pada transmisi manual. Sebenarnya ada cara untuk meminimalisir hentakan tersebut. Caranya, lepaskan kaki sejenak dari pedal gas jika transmisi hendak melakukan penggantian gigi di rentang 1.900 – 2.500 rpm. Tapi hentakan itu tidak bisa hilang sepenuhnya karena TCM mengontrol penuh di putaran mesin berapa, gigi akan pindah. Dengan kata lain, Anda tidak bisa memprediksi secara pasti kapan gigi akan berpindah.

Selanjutnya kita coba mode manual transmisi AMT mobil ini dengan cara geser ke kiri tuas transmisi dari posisi D. Jujur saja, Karimun Wagon R AGS lebih nyaman dan menyenangkan dikendarai pada mode transmisi manual. Nyaman karena Anda bisa meminimalisir hentakan ganti gigi. Jika Anda sudah menentukan di rpm berapa akan pindah gigi, angkat pedal gas, lalu geser tuas persneling dan mobil berganti gigi dengan mulus. Anda juga bisa mengail putaran mesin lebih tinggi untuk berganti gigi sehingga bisa mendapatkan torsi optimum. Hal menyenangkan lainnya, karena pengoperasian untuk menambah dan mengurangi gigi layaknya mobil rally dengan sequential gearbox-nya.

Kredit Karimun Wagon R AGS Bandung

Karimun Wagon R AGS

Untuk konsumsi bahan bakar dan performanya, Karimun Wagon R AGS masih kalah dibanding Wagon R tipe manual. Hal itu disebabkan transmisi AMT mobil ini sering bingung menentukan posisi gigi yang tepat pada mode otomatis. Contohnya pada pengetesan ini, kami mendapati mobil melaju di kecepatan 20 km/jam di gigi 4 dengan putaran mesin 1.500 rpm. Kami juga mendapati mobil melaju di kecepatan 140 km/jam di gigi 4 dengan putaran mesin 5.000 rpm. Dengan posisi gigi yang tidak tepat dengan kecepatan aktual, berdampak pada konsumsi bahan bakar yang boros. Untuk konsumsi BBM dalam kota, Karimun Wagon R AGS mencetak angka 15 km/l, sedangkan untuk rute tol 17,6 km/l.

Rival
Toyota Agya G A/T

Mesin: 998 cc 3-silinder, 65 dk
0-100 km/jam: 16,7 detik
Harga: 125,7 juta

+: Transmisi minim hentak­an, mesin minim getar­an, ada airbag
-: Harga, akselerasi, minus mode manual

agya

 

First Opinion
Dua tipe transmisi mobil memang Anda dapatkan pada mobil ini. Namun Anda perlu beradaptasi dan membiasakan diri dengan transmisi AMT yang memiliki karakteristik tersendiri.Sekilas Pandang
– Varian AGS dijual pada tipe GL, GX, GS, dan Dilago
– Transmisi AGS tidak memperlukan oli matik

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Posted in News and tagged , , .