Uji Coba Perfomace Suzuki Ertiga Diesel

Uji Coba Perfomace Suzuki Ertiga Diesel | Babak baru persaingan Low MPV di Tanah Air dipastikan semakin memanas. Setelah kemunculan Honda Mobilio facelift, Indonesia kini kedatangan penantang baru yakni Suzuki Ertiga Diesel. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri memberi label Ertiga diesel ini dengan nama Suzuki Ertiga ZDi SHVS. Meski menjadi varian yang berbeda dari Suzuki Ertiga bensin, ia tidak menawarkan perbedaan signifikan dari sisi eksterior.

Ia tampak serupa dengan tampang Suzuki Ertiga GX. Mulai dari lampu utama halogen berukuran besar, gril krom, lampu kabut bulat, dan tampang belakang yang mengotak. Sedikit perbedaan ialah hadirnya 4 sensor parkir di bumper belakang yang artinya lebih banyak dari Ertiga bensin yang hanyapunya 2 sensor parkir.

Bagi kami, komposisi desain Ertiga Diesel berkelir Granite Grey ini tidak berkembang. Datar saja, tapi wajah seperti inilah yang menurut kami lebih abadi seperti desain koleganya Suzuki Swift. Tidak saja bodi, sokongan kaki-kaki Ertiga Diesel juga dibuat sama persis dengan Ertiga GX. Pelek alloy warna silver terbungkus ban berukuran 185/65 R15. Membuat ground clearance Ertiga Diesel juga sama dengan Ertiga lainnya yakni 185 mm.

Masuk ke kabin kami tetap merasakan aura yang sama seperti di Ertiga lain. Desain dasbor landai dengan aksen dual warna tetap dipertahankan. Pun dengan suguhan posisi duduk yang tinggi di balik kemudi mampu memberikan visibilitas yang baik. Sayang pengaturan AC masih analog dan tidak ada perubahan signifikan di head unit sehingga terlihat kuno. Padahal pada Ertiga Diesel yang beredar di India, head unitnya sudah mengusung layar sentuh ukuran 7 inci.

Tidak saja lebih modern, head unit ini dilengkapi MirrorLink yang memungkinkan beberapa fitur di smartphone bisa ditampilkan pada layar. Hal yang berbeda ialah pada tampilan panel instrumen di Ertiga Diesel. Ada tambahan informasi Integrated Starter Generator (ISG) yang terkoneksi dengan start/stop engine system. Ini dia keistimewaan Suzuki Ertiga diesel. Model ini tidak lagi menggunakan mesin bensin K14B berkapasitas 1.373 cc 4 silinder, melainkan mesin diesel berkapasitas 1.248 cc 4 silinder.

Tenaganya lebih kecil 5 dk dibanding Ertiga bensin yakni 90 dk, tapi dengan semburan torsi 200 Nm atau 70 Nm lebih besar dari Ertiga bensin yang torsinya hanya 130 Nm. Mesin tersebut terhubung dengan transmisi manual 5 percepatan. Kami merasakan, transfer tenaga ke kedua roda depan bisa berjalan halus. Bahkan begitu pedal gas dibuka, laju mobil terasa lebih perkasa dengan potensi torsi yang melimpah. Berkendara dengan Ertiga diesel, Anda juga ditawarkan esensi mobil modern yakni tentang efisiensi. Di sisi inilah fungsi ISG berperan penting. Ia menjadi ‘pemeran utama’ dari teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Perangkat ini bertindak sebagai motor starter untuk mesin, yang memungkinkan mesin kembali hidup atau berhenti melalui fitur start-stop baru. Namun, lebih dari itu, ISG juga mengumpulkan energi yang biasanya terbuang di saat pengereman atau ketika kendaraan meluncur dan mengirimkan energi ke baterai berkapasitas tinggi. Hal positif yang kami rasakan, sistem star-tstop di Ertiga Diesel ini bekerja sempurna. Mesin langsung mati ketika posisi gigi digeser ke netral. Dan ia akan kembali menyala setelah sekitar satu menit atau lebih untuk menjaga AC dan menjalankan fungsi kelistrikan lainnya.

Mengendarai Ertiga diesel kami juga menikmati bantingan suspensi yang empuk. Meski konsekuensi handling yang terasa limbung saat menikung pada kecepatan tinggi. Namun, dengan teknologi SHVS yang disematnya kini, ia adalah potensi yang menggiurkan. Terutama bagi Anda yang mendambakan mobil keluarga 7 penumpang yang irit bahan bakar dan bertenaga.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Suzuki menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini