Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS | PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberi kejutan bagi konsumen Low Cost Green Car (LCGC) dengan menghadirkan Karimun Wagon R GS yang telah dibekali dengan transmisi otomatis. Suzuki menyebutnya sebagai transmisi AGS (Auto Gear Shift), dan akan tersedia pada varian GL, GX, GS, dan Dilago. Kami pun berkesempatan mencobanya secara langsung menjelajahi jalanan ibu kota.

Tampilan luar Karimun Wagon R AGS tak terdapat perbedaan sedikit pun dengan varian Wagon R bertransmisi manual. Pihak SIS memang sengaja tak memberikan ornamen pembeda bagi varian bertransmisi otomatis ini. Secara keseluruhan, keleluasaan, kepraktisan dan fitur yang tersedia serupa dengan varian Wagon R bertransmisi manual.

Mesin 3-silinder 998 cc DOHC masih menjadi jantung pacu Wagon R AGS, yang menghasilkan tenaga 68 hp pada 6.200 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Ketika dinyalakan, mesinnya sangat tenang, bahkan Anda mungkin dapat mengira bahwa mesin belum menyala. Transmisi AGS (Auto Gear Shift) 5-speed sebagai penyalur tenaga merupakan transmisi semi-otomatis atau biasa dikenal juga sebagai AMT (Automated Manual Transmission).

Sistem transmisi ini identik dengan transmisi manual namun tanpa pedal kopling, melainkan menggunakan aktuator hidrolik eleltronik yang dikendalikan oleh ECU dan Transmission Control Modul untuk mengontrol kopling, persneling, dan mesin. Secara awam, transmisi ini merupakan transmisi manual yang digerakkan kopling otomatis untuk dapat menghasilkan perpindahan gear otomatis pula.

Pada transmisi jenis ini tidak disertai mode parkir (P), sehingga jika ingin memarkir kendaraan, cukup posisikan tuas pada N, R atau D. Injak pedal rem dan nyalakan mesin saat tuas transmisi sudah diposisi N. Saat dipindahkan ke posisi D, mobil perlahan akan bergerak maju. Namun, saat berada di tanjakan harus hati-hati karena Wagon R AGS akan mundur jika Anda hanya mengandalkan posisi D dan langsung mengangkat kaki dari pedal rem (layaknya transmisi manual).

Dalam pengendaraan otomatis, saat perpindahan gear 1 ke 2 akan terasa sedikit jeda dengan penurunan rpm, dan rasa laju mobil yang sedikit tertahan. Bukan suatu masalah karena memang begitulah karakter dasar dari transmisi jenis ini dan Anda juga akan merasakan jeda tersebut jika mengendarai Fiat 500 dan Smart yang memang menggunakan sistem transmisi serupa. Efek tersebut akan berkurang saat perpindahan gear 3 ke 4 hingga 5 dan kesenangan berkendara dapat dimulai.

Seraya memberi tekanan lebih pada pedal akselerasi, tidak akan ada tenaga besar yang langsung terasa melainkan seperti dibangun langkah demi langkah secara tepat dan cepat hingga tanpa terasa angka penunjuk gear pada panel instrumen telah menampilkan angka 5 D. Saat berkendara normal di perkotaan, rasio perpindahan gear-nya terbilang pas.
Jika mode otomatis menawarkan kenyamanan, mode manual menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Ketika ingin berkendara efisien, Anda dapat memindahkan gear pada rpm yang optimal. Sementara jika ingin mengajak Wagon R AGS ‘berlari’, misalnya Anda dapat terus menahan posisi gear hingga jarum rpm menyentuh garis merah tanpa ada intervensi perpindahan otomatis, sangat mengejutkan untuk mobil di kelasnya. Perpindahan gear pada mode manualnya cukup responsif dan minim jeda. Baca juga Konsumsi BBM Karimun Wagon R AGS Tembus 36,1 km/liter.

Kesenangan berkendara juga didukung oleh kemudi yang dibekali power steering elektrik dengan bobot putaran yang pas, menghasilkan kemudahan dalam bermanuver lincah di kepadatan kota. Kemampuan redam suspensi MacPherson Strut di depan dan 3-links di belakang juga dapat diberi acungan jempol.

PT SIS memberikan jargon “Bisa Matic, Bisa Manual” untuk Wagon R AGS ini dan ternyata kata-kata tersebut dapat langsung dibuktikan ketika mobil ini mulai melaju. Baik saat menggunakan transmisi otomatis ataupun manual, Karimun Wagon R AGS menawarkan pengalaman fun to drive yang lebih dari cukup untuk jalanan perkotaan tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Sumber

Dapatkan Diskon Spesial dan bonus menarik lainnya, Jika anda menggunakan form pemesanan mobil atau Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran mobil Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau anda bisa melakukan pemesanan mobil secara langsung melalui form dibawah ini
_____________________________________________________________________________
Atau TELP kami langsung di no
081320774034
RIZAL MUHARAM (SUZUKI CIBEREUM) _____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Suzuki Ertiga GX AT#70 juta#4 Tahun#Andi#Jalan Soekarno Hatta no 1000 Bandung) kirim ke
081312472790
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun. _____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Suzuki menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini