Perbandingan Suzuki Vitara Brezza VS Honda HR-V

Perbandingan Suzuki Vitara Brezza VS Honda HR-V | Kemunculan Suzuki Vitara Brezza di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Expo beberapa waktu lalu membuat beberapa kalangan bertanya-tanya. Bukan soal kualitas, tapi lebih kepada mampukah mobil ini melawan kompetitornya di segmen compact crossover yang terkenal ketat.

Di kelas ini hadir Honda HR-V,Ford Ecosport, dan Nissan Juke. Ketiganya cukup bisa diterima oleh pasar dimana Juke adalah pelopor di kelas ini, Ecosport kemudian ‘menghajar’ Juke, dan HR-V pada akhirnya menelan semuanya. Dan mobil itulah yang kini menjadi benchmark kelas compact crossover.

Sekarang, mari kita bandingkan diatas kertas, seperti apa Brezza kalau dihadapkan dengan sang penguasa pasar. Ini menjadi menarik karena jika melihat daftar fitur, Brezza yang saat ini dipasarkan di India, memiliki fitur yang mampu bersaing.

Soal desain memang masalah selera, namun dapat diperhatikan kedua mobil ini mengusung bahasa desain yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Namun HR-V terlihat lebih berotot dengan lekukan dan garis desain tegas di sepanjang body. Sedangkan Brezza terlihat lebih kaku dengan bentuknya yang’boxy’.

Yang jelas, Brezza memiliki dimensi panjang yang lebih kecil dari HR-V yaitu 3.995 mm (vs 4.294 mm). Namun lebar Brezza lebih besar (1.790 mm vs 1.772 mm), yang artinya Brezza bisa memiliki dimensi kabin yang lebih lebar juga, meski jarak sumbu rodanya lebih kecil (2.500 mm vs 2.610 mm).

HR-V sendiri memiliki modal yang cukup kuat dimana platform Jazz yang digunakannya sudah dikenal sebagai platform handal yang fleksibel. Jantung mekanis diberikan dua pilihan yaitu 1.5 liter dan 1.8 liter.

Fitur di dalamnya juga menarik dimana desainernya menghadirkan dashboard yang terlihat minimalis namun modern. Pengendali AC digital, layar monitor 6 inchi (atau 7 inchi untuk varian tertinggi Prestige), dan dengan berani para desainer tersebut menyematkan desain ventilasi AC penumpang dengan penempatan yang unik.

vitara-brezza-vs-honda-hr-v

Berbekal platform Jazz tadi, HR-V memiliki lantai yang flat, dimana tangki bensin yang biasanya membuat lantai menjadi tidak rata, diletakan di bawah baris depan. Hal ini memberikan kebebasan untuk Honda, dalam menyajikan interior yang lebih lega dan fleksibel. Lebih dari itu, lantai seperti itu juga membuat konfigurasi kursi lebih beragam. Mulai dari dilipat kedepan untuk memberikan ruang bagasi ekstra, hingga dibuat menyatu antar jok depan dan belakang, untuk menghasilkan tempat untuk tidur atau selonjor kaki.

Fitur pendukung pengendaraan dan kenyamanan juga patut diacungi jempol. Dua tipe tertinggi, HR-V E dan Prestige, dijejali peranti canggih seperti start-stop button, cruise control, sistem multimedia dengan kemampuan konektivitas yang beragam (Bluetooth, mirroring, dan sebagainya). Pada varian Prestige bahkan telah dilengkapi dengan rem tangan elektrik.

Brezza, di sisi lain, memiliki desain khas sebuah Suzuki. Meski belum diketahui varian mana yang akan hadir di pasar Indonesia, namun mobil ini memiliki desain dasar yang sama diantara semua variannya. Brezza adalah hasil karya engineer Maruti Suzuki di India, dengan memanfaatkan platform Suzuki Swift yang dikenal sebagai platfomr yang ringan dan lincah.

Yang menarik, kelahiran Vitara Brezza bebas dari campur tangan Suzuki Jepang. Sayangnya, mobil ini hanya tersedia dalam satu pilihan mesin: 4-silinder turbodiesel berkapasitas 1,3 liter. Transmisi pun, untuk saat ini, hanya tersedia 5-speed manual.

Di bagian interior, dashboard terlihat ‘tebal’ jika dilihat dari tempat duduk, dan tampak mewah dengan lapisan mengkilat di beberapa tempat. Yang menarik adalah hadirnya kompartemen diatas glove box yang terlihat besar dan bisa dijadikan ruang pendingin minuman/makanan.

Layar monitor di tengah dashboard terlihat cukup besar meski tidak disebutkan ukurannya. Pada varian tertinggi yang dijual di India (ZDI+), fitur multimedia memiliki kemampuan konektivitas dengan AppleCar Play.

Selain itu, hadir juga pintu bagasi yang dioperasikan secara elektrik pada beberapa varian. Konfigurasi ruang kabin melalui pelipatan kursi memang tidak sefleksibel HR-V, namun masih bisa tercipta lantai yang rata untuk menampung lebih banyak barang bawaan saat kursi belakang dilipat.

Nah, dengan melihat spesifikasi lengkap dan fitur, Brezza seharusnya percaya diri. Yang menjadi masalah adalah, opsi piilihan mesin dan transmisi yang ada. Seperti diketahui, orang Indonesia hanya mengenal mesin kecil untuk mobil yang juga kecil. Selain itu, transmisi otomatis kini selalu menjadi pilihan utama. Kini tinggal kemampuan Suzuki Indomobil Sales untuk meyakinkan Maruti dan Suzuki, agar mau menyediakan Brezza yang lebih cocok untuk pasar Indonesia.

Sumber

Dapatkan Diskon Spesial dan bonus menarik lainnya, Jika anda menggunakan form pemesanan mobil atau Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran mobil Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau anda bisa melakukan pemesanan mobil secara langsung melalui form dibawah ini
_____________________________________________________________________________
Atau TELP kami langsung di no
081320774034
RIZAL MUHARAM (SUZUKI CIBEREUM) _____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Suzuki Ertiga GX AT#70 juta#4 Tahun#Andi#Jalan Soekarno Hatta no 1000 Bandung) kirim ke
081312472790
Kami akan segera mengirimkan Simulasi kredit secara rinci dengan tenor hingga 5 tahun. _____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Suzuki menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini