Mencoba Transmisi AGS Karimun Wagon R

Mencoba Transmisi AGS Karimun Wagon R | Pada segmen Low Cost Green Car (LCGC), Suzuki Karimun Wagon R sudah memiliki 2 transmisi. Pertama adalah manual dan kedua yang baru diluncurkan Auto Gear Shift (AGS). Transmisi ini tersedia pada semua tipe Karimun Wagon R kecuali tipe GA. Menariknya adalah, transmisi AGS ini disebut Suzuki bisa menawarkan 2 pilihan berkendara, yakni manual dan matik. Seperti apa dan bagimana mekanisme kerja transmisi AGS ini? Simak penjabarannya di bawah ini!

1. Eksterior dan interior

Menurut pantauan detikOto, dari sektor eksterior Karimun Wagon R AGS ini sama seperti model yang manual. Tapi, meski terlihat kompak, namun bentuk kotak yang proporsional dan tinggi membuat model Karimun Wagon R dapat mengoptimalkan ruang yang ada di dalamnya.

Ketika masuk kedalam kabin, bagian interiornya dapat mengakomodir 5 orang dewasa dengan nyaman, bahkan pada saat berkendara jauh, serta dapat mengakomodir barang–barang bawaan di bagian ruang bagasinya.

Yang berubah signifikan pada bagian interiornya adalah bentuk tuas transmisi. Bentuk tuasnya cukup menarik, apalagi saat mengoperasikannya. Posisi R ada pada bagian kanan ujung atas, di bawahnya netral, untuk posisi D tinggal diturunkan ke bawahnya lagi dan untuk manual tinggal digeser ke kiri.

Saat duduk di jok bagian depan, untuk orang yang memiliki tinggi badan lebih dari 178 cm sedikit kurang nyaman pada bagian kaki karena mentok dengan dashboard. Begitu juga pada jok depan bagian penumpang yang sedikit kurang nyaman jika jok tidak dimundurkan kebelakang sedikit.

2. Cara pengoperasian transmisi AGS

Jujur, detikOto tertarik dengan tagline yang dibuat Suzuki pada Karimun Wagon R AGS, yakni bisa manual, bisa matik. Ternyata, tagline itu bukan isapan jempol, karena detikOto membuktikan sendiri kalau Wagon R AGS bisa diperasikan dengan transmisi manual dan matik.

karimun matic

Bagaimana cara bekerjanya? Auto Gear Shift (AGS) ini bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM) untuk mengontrol kopling, persneling gigi, dan mesin.

Transmisi ini mampu memberikan perpindahan gigi dalam waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual.

Saat detikOto mencobanya, pada transmisi manualnya baru mau dipindahkan ke gigi selanjutnya jika mau menyentuh RPM 2.000 atau lewat dari 2.000. Perpindahan giginya lumayan halus, tapi sedikit lemot atau tidak mau dinaikkan giginya jika RPM yang diinginkan belum tersedia.

Untuk transmisi otomatisnya perpindahannya sangat halus sehingga pengendara sangat nyaman apalagi ketika berkendara dengan jarak jauh.

Nah, jika Anda menggunakan transmisi manualnya, jangan sesekali tidak memindahkan gigi, karena sampai RPM berapapun giginya tidak akan naik. Karena perpindahan gigi harus benar-benar diatur sendiri layaknya mobil manual.

Karena bisa manual dan matik, Anda pasti berpikir mobil ini ada pedal koplingnya atau tidak. Jawabannya adalah tidak ada pedal kopling, karena Wagon R AGS ini sama seperti mobil matik lainnya yakni hanya ada 2 pedal, gas dan rem.

3. Pengujian Bahan Bakar Minyak (BBM)

Masing-masing mobil saat pengujian diisi oleh 2 orang dan maksimal diisi oleh 3 orang penumpang. Dalam uji irit kali ini, Suzuki menggunakan metode full to full. Sebelum dimulai, seluruh tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) diisi penuh dan setelahnya disegel agar tidak terjadi kecurangan. Perjalanan hari pertama dimulai dari Cilandak Town Square, Jakarta Selatan menuju Cikeas, kembali lagi ke Cijantung, Kemang dan berakhir di Cilandak, Jakarta Selatan.

Esok harinya perjalanan dimulai dari Cilandak menuju ke kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dan dilakukan penghitungan oleh panitia kepada masing-masing mobil. Selama diperjalanan, kecepatan masing-masing mobil berbeda-beda. Tapi rata-rata mereka berkendara dengan kecepatan 40-70 km/jam di jalan bebas hambatan (jalan tol).

Dalam kabin juga tetap menggunakan AC dengan suhu yang sudah ditentukan oleh masing-masing. Hasilnya cukup fantastis, Karimun Wagon R AGS yang dikendarai oleh 3 orang awak media berhasil menorehkan angka tertinggi. Adalah 36,16 km per liter untuk konsumsi BBM Karimun Wagon R AGS paling tinggi yang diuji oleh awak media otomotif nasional, posisi tertinggi kedua adalah 30,331 km/liter dan ketiga adalah 30,28 km/liter. Pengujian yang dilalukan oleh detikOto pada Karimun Wagon R AGS ini berhasil mencapai 29,40 km/liter.

Selama diperjalanan, detikOto menggunakan transmisi manual dan sesekali dikombinasikan dengan transmisi AGS-nya. Untuk RPM paling rendah di 1.500 dan paling tinggi di 2.000 RPM. Untuk hasil konsumsi BBM Karimun Wagon R AGS yang diuji oleh para pewarta lainnya, rata-rata konsumsinya adalah diatas 25 km per-liternya.

Sumber

 

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Suzuki menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini