Kesan Pertama Suzuki SX4 S-Cross A/T Indonesia

Kesan Pertama Suzuki SX4 S-Cross A/T Indonesia | Kami mencoba impresi Suzuki SX4 S-Cross A/T di Indonesia. Desainnya mungkin tidak terlalu menawan. Namun, saat kami menemukan sosoknya di Indonesia, kami yakin ia menjadi penerus Suzuki SX-4 yang terkenal sebagai penjelajah sejati dari Suzuki.

Teka-teki perihal amunisi baru yang tengah dipersiapkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya akan terjawab. Kami menemukan Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia. Mobil ini masuk di kelas Compact SUV dan berhadapan dengan Honda HR-V.

Melihatnya sekilas, kami cukup yakin jika S-Cross adalah model yang berbeda dibanding sang pendahulu, Suzuki SX4. Proporsi panjang 4.300 mm, membuat S-Cross terlihat cukup besar untuk ukuran SUV kompak.

Saat kami mengecek di situs resminya, ia hanya lebih panjang 6 mm dari Honda HR-V yang memiliki panjang 4.294 mm. Artinya, jika HR-V saja sudah tergolong lega bagi penumpang, maka S-Cross kami yakini juga bisa memberikan akomodasi serupa.

Tampang luar S-Cross memang tidak terlalu agresif. Penggunaan lampu utama berukuran cukup besar terlihat mendominasi wajah depan. Lampu ini terlihat sudah menggunakan proyektor bi-LED. Tampak apik berpadu dengan dua bilah gril berlapis krom dengan logo ā€˜Sā€™ di tengahnya.

Oh ya, mulai bagian bawah bumper depan fender, hingga ke bumper belakang sudah diberi aksen warna hitam. Hal ini memberi kesan macho dengan menjadikan S-Cross nampak kekar. Sementara pengaplikasian lampu belakang yang terpisah justru membuat mobil ini mirip dengan buritan Chevrolet Trax.

Sx4 S-Cross Spesifikasi Indonesia
Detail Spesifikasi Suzuki Sx4 S-Cross

Satu-satunya kesan agak kuno ialah dari desain pelek 16 inci yang dipakainya. Dari kejauhan pelek ini terlihat seperti tutup dop biasa.

Ia tampak kurang padu dengan garis desain S-Cross secara keseluruhan. Alangkah lebih menarik jika pelek ini diberi aksen two-tone atau warna abuabu yang lebih gelap.

Sayangnya lagi, untuk sebuah SUV, literatur menyebutkan ground clearance S-Cross hanya 180 mm. Lebih pendek 5 mm dari HR-V. Hal ini tentu jadi sedikit hambatan saat menerjang median jalan agak berbatu dan sedikit curam.

Saat kami intip bagian dalam, ornamen di kabin S-Cross didominasi warna hitam. Terlihat mulai dari dasbor, trim pintu, dan juga jok. Ruang pandang di balik kemudi mobil ini juga cukup lega.

Jok terlihat berada di posisi yang agak tinggi. Ini menjamin visibilitasnya yang baik saat memantau ke sekitar mobil.

Interior suzuki SX4 S-Cross
Interior suzuki SX4 S-Cross Indonesia

Terlihat juga ia memiliki tombol engine start/stop, monitor layar sentuh. Bukan hal aneh jika head unit semacam ini sudah memiliki navigasi, konektivitas telepon via Bluetooth dan sensor parkir di belakang.

Tidak ada masalah de ngan ruang kaki dan kepala. Baik di baris depan atau bahkan di kabin belakang. Sayangnya bagi pe numpang belakang, melihat S-Cross terasa sedikit hambar karena tidak terlihat ventilator AC ataupun soket 12 Volt untuk mengisi daya gadget.

S-Cross menggunakan profill karet ban JK Tyre Elanzo-NXT. Prediksi kami, di permukaan jalan seperti tanah atau kerikil, ban seperti ini akan memberikan grip yang baik.

Utamanya karena alur kontak ban yang lebih persegi dan bukan melingkar semata. Namun memang belum tentu sama baiknya jika mobil dipacu di jalan aspal yang halus.

Berbeda dengan Suzuki Ciaz yang meminjam mesin Suzuki Ertiga, dari rilis yang kami baca mobil ini diberi jantung pacu yang berbeda. Ia menggunakan mesin 1.586 cc 4-silinder berdaya 118 dk.

Lebih kuat dibanding Ciaz dan Ertiga yang hanya 92 dk. Output ini jelas menjanjikan, setidaknya dibanding Ciaz dan Ertiga. Mesin ini kemudian terhubung ke transmisi otomatis 6 percepatan.

Info lain adalah penerapan suspensi belakang independen yang mestinya efektif meredam guncangan dengan tetap menjaga kenyamanan dan handling.

Tak hanya itu, kehadiran paddle-shift di balik lingkar kemudi tak hanya memudahkan naik-turun gigi di mode manual, tapi juga meningkatkan rasa sporti dan keasyikan berkendara S-Cross.

Poin kelegaan bagasi belakang S-Cross juga harus kami apresiasi. Kapasitas normalnya cukup besar yakni 353 liter. Namun saat jok belakang dilipat, meski tidak rata, ia bisa diperluas menjadi 810 liter. Ruang yang lebih dari cukup untuk menampung barang bawaan Anda saat berpetualang. Yups, sang penjelajah itu telah kembali.

Suzuki sx4 s cross
Honda HRV Sebagai Rival Suzuki SX4 S-Cross

FIRST OPINION
Eksteriornya memang tidak terlalu agresif tapi terlihat kekar layaknya SUV. Ia juga tercatat paling panjang dibanding Compact SUV lain yang ada saat ini. Artinya Anda tak perlu meragukan akomodasi untuk pengendara dan penumpang. Berkat peng gunaan ban dengan karak ter semi off-road yang mendu kung karakter SUVnya, S-Cross bisa menjadi penantang yang patut diperhitungkan.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Suzuki menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini